BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Internet Lambat ? Ini Solusinya ..


                  image


hits 926
KIta sering kesal ketika akses internet kita ternyata sangat lambat. Sebab dalam era mobile seperti sekarang ini akses internet menjadi bagian yang sangat penting dari kehidupan.
ketika akses internet tak secepat yang diharapkan, operator sering menjadi kambing hitam. Mereka dianggap sebagai penipu karena kecepatan yang diterima konsumen tak sesuai dengan iklan yang dijanjikan. Padahal, akses internet itu sangat tergantung banyak faktor. Selain kecepatan data yang diberikan oleh operator, lambatnya akses internet juga dipengaruhi seberapa banyak konsumen yang melakukan akses internet pada waktu yang sama.
Dari sisi teknis, internet di disain seperti pipa air minum. Jika kita memasang satu pipa saja maka aliran air yang kita terima sangat deras. Tapi, jika kita pasang banyak sambungan pipa, maka kederasan aliran air akan berkurang. Begitu juga dengan internet, semakin banyak kita membuka web/situs secara bersamaan, maka secara otomatis hal itu akan mengurangi kecepatan akses kita.
Karena itu agar akses internet tidak lambat , berikut salah satu solusinya :
- Usahakan memilih akses internet yang relatif stabil. Akses internet kabel terbukti lebih stabil dibanding broadband. Namun, jika harus memakai broadband karena alasan mobile maka pilih operator yang menyediakan kualitas akses yang paling baik seperti 3G,HSDPA maupun HSUPA.

- Hindari membuka banyak ‘tab’. Sebab, semakin banyak anda membuka tab dalam waktu yang bersamaan, artinya kanal akses akan terbagi sehingga kecepatan akses akan semakin mengecil sesuai dengan banyaknya tab yang dibuka. Lebih disarankan, kita membuka satu tab saja, dan segera menutupnya ketika akan membuka tab yang lain
.
- Pilih browser dengan memori ringan tapi membantu kecepatan akses. Meski kurang favorit, Safari dan Chrome banyak diakui lebih cepat untuk melakukan browsing.

- Jika anda menggunakan mobile internet, hindari mendownload file besar seperti : video streaming, audio streaming, file game atau file-file program software dengan kapasitas besar. Sebab, download file besar akan membuat konsentrasi pembagian kanal menjadi tidak seimbang. Lebih disarankan,anda melakukan akses internet di warnet jika anda ingin mengakses file-file besar. 

  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...