BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Mengambil Hati Pelanggan

@BisnisUKM//sebuah artikel menarik, ringan tapi berbobot tentang strategi berbisnis yang saya kutip dari situs Bisnisukm.com, semoga bisa memberikan sedikit input bagi anda yang menyukai bisnis.
Dalam berbisnis, pelanggan menjadi salah satu aset yang perlu diperhatikan keberadaannya. Tanpa adanya pelanggan, sebuah usaha atau bisnis tidak dapat berkembang dengan baik. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha yang harus gulung tikar dan menutup usahanya, karena gagal menemukan pelanggan. Tentu Anda tidak menginginkan keadaan tersebut terjadi pada bisnis Anda bukan?
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami sengaja menginformasikan apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam strategi pemasaran untuk mengambil hati pelanggan.
DO (Yang Harus Anda Lakukan)
  • Ciptakan kesan pertama yang menyenangkan
Untuk mengambil hati para konsumen, buatlah mereka merasa senang dengan sambutan yang Anda berikan. Minimal lakukan 3S+1A (Senyum, Salam, Sapa dan Antusias) pada setiap pelanggan yang datang kepada Anda. Dengan begitu kesan pertama yang diberikan kepada pelanggan akan tampak positif dan meninggalkan kesan tersendiri di hati para pelanggan, sehingga mereka tidak ragu lagi kembali membeli di tempat Anda.
  • Memberikan nilai lebih kepada para pelanggan
Jika biasanya para pelaku usaha atau pemasar hanya memberikan apa yang diminta para pelanggannya. Mulai sekarang usahakan untuk berinisiatif memberikan nilai lebih kepada setiap pelanggan Anda, misalnya dengan memberikan ide, produk atau jasa yang lebih dari harapan mereka.
  • Pandanglah pelanggan sebagai orang penting
Istilah pelanggan adalah raja tentunya menekankan kepada kita sebagai pelaku pasar maupun pengusaha untuk menganggap setiap pelanggan sebagai orang penting. Strategi tersebut akan membuat para pelanggan merasa dihargai, sehingga mereka tidak memiliki niat berpindah ke tempat lain.
  • Berikan solusi bagi pelanggan Anda
Kebanyakan para pelanggan datang ke usaha Anda dengan tujuan mencari solusi bagi masalah yang dihadapinya. Karena itu usahakan untuk tidak mengecewakan para pelanggan Anda dan jadilah solusi bagi permasalahan mereka.
  • Jadilah teman bagi para pelanggan
Salah satu strategi pemasaran yang wajib Anda lakukan yaitu menjadikan setiap konsumen sebagai teman Anda. Prinsip ini akan memudahkan Anda untuk membangun loyalitas konsumen, sehingga mereka merasa dekat dan tidak segan untuk berlangganan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
DON’T (Jangan Pernah Anda Lakukan)
  • Hindari perdebatan dengan pelanggan
Hal yang paling tabu dalam pemasaran produk atau jasa yaitu berdebat dengan para konsumen. Sebab peristiwa tersebut hanya akan membuat pelanggan merasa tidak dihargai, dan menjadi catatan hitam bagi bisnis Anda yang sewaktu-waktu bisa menyebar ke banyak orang.
  • Membuat pelanggan harus menunggu
Menunggu tentu bukan pekerjaan yang menyenangkan, begitu juga dengan para pelanggan yang harus menunggu lama untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan. Pada umumnya pelanggan tidak senang bila harus menunggu lama, karena itu usahakan untuk sesegera mungkin memberikan pelayanan kepada setiap pelanggan Anda.
  • Melayani pelanggan seperti mesin
Sebagian pelaku usaha maupun pemasar sering menggunakan bantuan alat otomatis seperti mesin balasan email otomatis atau mesin penjawab telepon otomatis untuk melayani konsumen mereka. Kondisi ini pastinya sangat dibenci para pelanggan, karena mereka bukan robot yang bisa berkomunikasi langsung dengan mesin. Dan membutuhkan solusi langsung dari Anda sebagai penanggung jawab usaha.
  • Menyamaratakan setiap pelanggan
Setiap pelanggan tentunya memiliki karakter serta kepentingan yang berbeda-beda, karena itu jangan pernah mencoba untuk menyamaratakan pelayanan yang Anda berikan kepada setiap pelanggan. Sebab masing-masing pelanggan membutuhkan solusi yang berlainan, sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi.
  • Mengesampingkan kepentingan pelanggan
Ingatlah, bahwa bukan pelanggan yang butuh Anda, tapi Andalah yang butuh mereka. Jadi jangan pernah mengesampingkan kepentingan setiap konsumen Anda, karena sebenarnya mereka menjadi kunci utama bagi kelangsungan bisnis Anda.
Demikian tips pemasaran kali ini, mengingat pelanggan memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis Anda, sebaiknya berikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Karena sebenarnya memberikan pelayanan prima tidaklah sesulit yang Anda kira. Semoga informasi strategi pemasaran yang telah dibahas bersama, bisa membantu Anda dalam mengembangkan usaha. Selamat mencoba dan salam sukses.


Sumber : http://etalaseilmu.wordpress.com/2011/05/12/mengambil-hati-pelanggan/
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...