BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Inspirasi Tata Ruang ala Negeri Sakura

Foto: Atmosfer Jepang sangat terasa di ruang keluarga/ ist
Foto: Atmosfer Jepang sangat terasa di ruang keluarga/ ist
ANDA tentu dapat mengadaptasi tata interior/eksterior ala Jepang ini di rumah sesuai selera. Hanya yang harus ditekankan, Anda tetap tidak bisa menatanya sesuai dengan bentuk yang asli.

Menurut Arsitek Rizky Artando, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mengadaptasi gaya ini seperti iklim, keamanan, serta budaya.

Tentu Anda tidak bisa menerapkan kertas sebagai bahan sekat ruangan, jendela, dan dinding karena hal ini berkaitan dengan faktor keamanan, mengingat bahan kertas sangat rentan rusak.

Meski demikian, Anda masih bisa menghadirkan nuansa yang sama dengan mengaplikasikan bahan akrilik.

"Menata rumah bergaya Jepang tidak harus sama seperti aslinya. Suasana Jepang bisa dihadirkan dengan mengganti bahan baku yang sering dipakai, misalnya kertas diganti dengan akrilik agar lebih awet dan aman," kata Rizky.

Bila Anda ingin mengubah dekorasi rumah dengan model Jepang seutuhnya, Anda dapat memulainya dengan menerapkan beberapa pilihan furnitur seperti meja pendek yang diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu, kemudian dipadu bantal tipis sebagai alas duduk.

"Furnitur Jepang biasanya memiliki tujuan ganda, fungsional. dan mempunyai style tersendiri. Memilih furnitur Jepang tidaklah sulit, tinggal disesuaikan dengan tatanan dekorasi yang ingin digunakan. Contohnya tansu yang bisa digunakan untuk desain interior bergaya Asia klasik,” kata Rizky.

Tansu merupakan lemari penyimpanan kecil yang bisa diletakkan di tiap sudut ruangan. Tansu memiliki jenis yang beragam, di antaranya hako kaiden dan chanoyu dana.

Hako kaiden mempunyai ukuran yang kecil sehingga lemari ini dapat Anda letakkan di bawah tangga. Fungsi lemari ini biasanya untuk tempat menyimpan sepatu dan sandal. Jika ruangan Anda tidak terlalu luas, lemari ini bisa dijadikan alternatif media penyimpanan yang tepat.

Sementara lemari berjenis chanoyu dana, biasanya dipergunakan untuk menyimpan peralatan yang besar seperti koleksi keramik dan peralatan minum teh.

Lemari ini umumnya diletakkan di ruang tamu karena selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, chanoyu dana juga bisa dijadikan aksesori yang cantik di sudut ruangan.

Konsep sederhana dan natural merupakan daya tarik kuat yang ditawarkan gaya arsitektur Jepang. Bahkan Anda boleh mempercantik penataannya dengan menciptakan beberapa aksesori yang bernuansa Jepang pula.

Misalnya dengan meletakkan boneka kecil berbentuk orang memakai kimono di sudut ruang tamu ataupun kamar tidur anak.

"Aksesori yang biasanya ada di dalam rumah Jepang adalah tatami dan sekat shoji. Tatami merupakan tikar Jepang dan benda ini merupakan aksesori paling dasar yang ada di dalam rumah Jepang. Sementara sekat shoji adalah pembatas ruang, namun bisa sekaligus menambah nilai estetis ruangan," ujar Arsitek Maya Harianti.

Anda dapat mengubah gaya rumah yang biasa menjadi bernilai artistik dengan menggunakan beberapa furnitur serta aksesori ala Jepang. Ambil contoh pintu geser dan tikar tatami itu tadi.

Dari segi pencahayaan, Anda bisa menciptakan nuansa Jepang dengan menggunakan lampu yang kapnya berbentuk lampion berukir huruf kanji.

"Selain lampu, pastikan pencahayaan dari jendela juga cukup agar pada siang hari cahaya yang masuk dapat dipantulkan ke area lain melalui dinding. Sementara pencahayaan yang lembut dapat dihadirkan dari lampu kertas atau sconce," sebut Rizky.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menciptakan ruangan yang langsung menghadap ke area taman dan meletakkan meja pendek serta perlengkapan minum teh di tengahnya. Anda boleh menambahkan tikar tatami sebagai alasnya agar semakin melengkapi nuansa Jepang di rumah.


Sumber : http://news.okezone.com/read/2012/01/04/472/551319/inspirasi-tata-ruang-ala-negeri-sakura
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...