BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Cara Kenalkan Makanan Sehat pada Anak



Untuk mencegah buah hati rawan terhadap penyakit, maka makanan-makanan yang diasup harus terjamin kesehatannya. Bagaimana caranya?

Gampang saja, ajarkan mereka sejak dini untuk mengonsumsi makanan-makanan tanpa perasa buatan. Demikian tip dari Dr Dewi Yogo Pratomo MHt dalam bukunya "Hypnoparenting".

Si kecil sering kali tertarik dengan iklan makanan-makanan dari restoran cepat saji yang dikemas begitu menarik atau mereka juga lebih menyukai makanan-makanan siap saji yang tinggal digoreng dalam pembuatannya seperti sosis atau chicken nugget kemasan.

"Ingat lebih enak yang disebutkan anak-anak berarti makanan tersebut karena lebih manis yang berarti lebih banyak gula, dan lebih gurih yang bermaksud lebih banyak monosodium glutamat/msg," tulis Master of Hypnosis satu-satunya di Indonesia tersebut.

Nahasnya, sebagian orangtua pun lebih senang membiarkan anak mereka mengonsumsi makanan-makanan cepat saji karena anak jadi makan lebih banyak dan tidak repot.

Sebaiknya, menurut Dewi, sejak kecil anak tidak diajarkan rasa. "Biasakan anak mengonsumsi makanan yang tidak diberi perasa tambahan, baik garam maupun gula, apalagi penyedap karena itu merupakan sugesti yang ditanamkan orangtua sejak dini," sarannya.

"Jika makanan di lidah kita terasa hambar, percayalah, itu tidaklah sama dengan apa yang dirasakan lidah bayi Anda. Jika semenjak bayi mulai bisa makan MPASI (Makanan Pendamping ASI) sudah dibiasakan untuk menikmati cita rasa asli dari bahan makanan, dia tidak akan menjadi anak yang pemilih makanan saat besar," tutupnya.





Sumber : http://ibuprita.suatuhari.com/2012/01/cara-kenalkan-makanan-sehat-pada-anak.html
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...