BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Daftar Wisata Pulau Bali ( Pulau Dewata )

Bali dikenal akan berlimpahnya atraksi-atraksi termasuk daerah wisata pantai yang menawan, tempat-tempat bersejarah dan keindahan alam lainnya. Banyak kemudahan bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat terkenal tersebut dan menikmati keindahan Balil dari pegunungan sampai daerah pesisir.

Berikut ini adalah daftar beberapa tempat dengan uraian singkatnya :












Pantai Sanur
Obyek wisata ini terletak di Timur kota Denpasar. Di pantai Sanur dapat dinikmati pantai yang pasirnya hitam dan putih. Bali Beach, hotel berbintang yang merupakan pampasan perang merupakan satu-satunya hotel bertingkat 11 terletak disini. Di pantai Sanur bisa dilakukan aktifitas watersport bagi penggemar olahraga air.

Pantai Nusa Dua 
Obyek wisata Nusa Dua merupakan daerah primadona bagi wisatawan, dengan pantai pasir putihnya, hotel berbintang 5 berderet disepanjang pantai ini. Pantai nusa dua merupakan terusan dari pantai sanur, atraksi watersport juga bisa dilakukan di sini.

Pantai Kuta 
Pantai Kuta memiliki ombak yang sangat disukai oleh para surfer. Kuta tidak pernah sepi pada malam harinya, live music, karaoke dll, toko dan artshop berderet disepanjang jalan di Kuta, kebanyakan menjual pernak-pernik surfing ataupun barang-barang kerajinan. Hotel berbintang juga ada disini, yang paling terkenal; Hard Rock Beach Club.

Pantai Jimbaran 
Pada malam hari kafe-kafe yang berjejer dipinggir pantai ini ramai dengan aktifitasnya. Disini juga bisa menyantap makanan khas laut yang langsung ditangkap nelayan pantai Kedonganan (Kelompok Nelayan di Jimbaran).

GWK (Garuda Wisnu Kencana) 
Proyek milyaran rupiah ini bisa dijumpai di Ungasan, di atas bukit Jimbaran. Patung Garuda Kencana dibuat oleh seniman asli Bali Nyoman Nuarta, dengan misi menjadikannya keajaiban dunia ke 8 dan ke 2 di Indonesia. Salah satu pertunjukan yang bisa disaksikan di sini adalah Kecak.

Pura Luhur Uluwatu 
Pura ini berdiri di ujung karang paling selatan pulau Bali. Pemandangannya Indah dengan samudra lautan dan sunset dari ujung tebingnya. Jika berwisata disini sebaiknya berhati-hati dengan monyetnya yang nakal.

Batubulan
Batubulan terkenal karena pertunjukan Barongnya. Pementasan Tari Barong di daerah  Batubulan ini ada lebih dari 5 tempat pementasan yang dimulai jam 09.00.

Pasar Sukawati
Pasar tradisional ini terletak di Kabupaten Gianyar dan sangat terkenal di Bali maupun luar Bali, karena bisa menawar harga barang yang diinginkan. Barang-barang yang dijual berupa baju kemeja, T-shirt, sarong pantai yang disablon dengan gambar seni Bali, lukisan, dan barang kerajinan tangan.

Ubud 
Ubud sangat terkenal dengan daerah seninya, karena merupakan tempat belajar menari, melukis, mematung kayu atau batu. Selain itu dapat menikmati alam yang asri dipinggir sungai Ayung dan bermain arung jeram.

Kintamani 
Obyek wisata dengan pemandangan yang indah, danau Batur di Penelokan dan pemandangan gunung Batur.

Besakih
Merupakan Pura terbesar peninggalan nenek moyang tertua di Bali yang didatangi oleh semua umat hindu di Bali ataupun luar Bali untuk bersembahyang melakukan pemujaan Dewa Brahma Wisnu Siwa, (Dewa pencipta, pemelihara dan Dewa Pelebur). Di Pura ini berderet pura-pura utk persembahyangan bagi umat Hindu yang memiliki keturunan dari arya-arya jaman dulu.

Goa Gajah 
Dahulu merupakan tempat kaum Brahmana mangadakan Tapa Berata. Di dalam gua, di kiri kanan dan di ujungnya akan terlihat tempat strategis untuk mengadakan yoga semadi. Di luar area Goa terdapat patung Ganeca dan permandian penduduk desa yang masih digunakan sampai sekarang.

Goa Lawah 
"Goa Kelelawar" yang terletak di Kabupaten Karangasem. Untuk memasuki areal pura, diharuskan berpakaian rapi, tidak boleh menggunakan celana pendek. Disini hidup ribuan kelelawar dan anehnya bila melongok ke dalam atau melihat dengan zoom kamera maka terdapat keajaiban di dalamnya, dimana hidup hanya 1 ekor kelelawar warna putih dan 1 ekor ayam hitam, 1 ekor bebek putih yang konon merupakan "Duwe" (Penjaga) Pura itu. Orang yang pernah masuk ke Goa Lawah (memiliki ilmu kebatinan tinggi) memberikan kesaksian disamping ribuan kelelawar yang bertengger, bergelantungan di mulut gua ada juga puluhan ular berbisa di dalamnya. Aneh sekali sedangkan binatang yang ada didalamnya bisa hidup berdampingan tanpa di mangsa satu sama lainnya.

Pura Tanah Lot 
Di Pura Tanah Lot ini dapat disaksikan matahari tenggelam (sunset) di ufuk Barat dengan puranya yang berdiri di atas karang di tengah laut. Di pura ini dijaga oleh 2 "Duwe" yakni ular berwarna hitam dan putih yang tiap hari kelihatan didampingi oleh  pemangkunya (orang suci pengemong pura).

Pura Taman Ayun 
Pura Taman Ayun didirikan oleh Raja Mengwi. Pura ini dikelilingi oleh kolam yang luas, yang dulunya digunakan untuk mengitari pura oleh dayang-dayang Kerajaan Mengwi dengan perahu kecil. Namun sekarang dipakai untuk kolam pemancingan. Di dalam area Pura, ada "wantilan" (tempat pertemuan atau pertunjukan) di setiap Odalan atau upacara tempat ini digunakan sebagai ajang adu ayam "Tajen" atau Tabuh Rah. Didalamnya terdapat titi yang dibawahnya ada kolam kecil lagi, dan deretan pura yang bermeru (tumpang) 7.

Sangeh
Di Bali banyak dijumpai monyet atau kera penjaga pura yang menandakan bahwa tempat itu ada Betaranya. Di sekitar hutan Pura di Sangeh hidup puluhan monyet yang dapat diberi makan, tetapi sebaiknya berhati-hati karena monyet-monyet ini suka mengambil perhiasan giwang, kacamata, atau pernak-pernik lainnya.

Bedugul dan Danau Bratan 
Bedugul merupakan danau indah yang berada dekat Pura Beratan dengan panorama pegunungan yang harmonis. Anda bisa mampir ke kebun raya, istirahat dan membuka bekal anda, ada banyak tanaman Anggrek  yang dipelihara di sini dan ada pula tanaman langka lainnya spt Bunga Bangkai yang hanya dijumpai di pulau Bangka, bisa anda temukan di Kebun Raya dan ribuan hutan belantara yang dilindungi oleh pemerintah. Atau anda mampir di pasar buah dan sayur, ataupun menikmati danau Beratan sambil menyantap jagung rebus.

Denpasar
Ibukota Propinsi Bali, dengan pusat perbelanjaan, pasar, Museum Bali dan Pusat Kerajinan Tangan.

Candi Dasa 
Pantai berpasir putih yang damai lengkap dengan akomodasinya.

Celuk
Pusat kerajinan emas dan perak.






Sumber : http://yogireza07.blogspot.com/2011/04/daftar-wisata-pulau-bali-pulau-dewata.html
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...