BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Cara Memasak Sehat




Selain bumbu/bahan masakan yang bisa menghambat pembentukan lemak menjadi lemak jenuh, cara masak pun sama pentingnya. Dengan cara masak yang benar, makanan yang disajikan akan lebih sehat.
Berikut ini tip-tip cara mengolah makanan sehat.
  • Merebus. Rebus daging hingga empuk, diamkan beberapa saat kalau perlu masukkan kulkas. Tujuannya supaya lemak-lemaknya terangkat ke permukaan. Biasanya akan terlihat langit-langit yang menutup permukaan, segera angkat dan buang. Setelah rebusan daging terbebas dari lemak yang mengambang, olah sesuai keinginan.
  • Memanggang. Meski ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, prinsipnya memanggang lebih baik dari pada menggoreng. Gunakan wajan pemanggang yang tebal sehingga masakan tidak cepat gosong. Bedanya dengan membakar, memanggang masih menggunakan alat yang menghindarkan masakan bersentuhan langsung dengan api. Seperti diketahui makanan yang dibakar potensial karsinogenik (menyebabkan kanker).
  • Menggunakan Santan. Santan masih tetap bisa digunakan dalam masakan selama mengolahnya benar. Berikut cara megolah santan yang benar:
  1. Didihkan air, setelah mendidih gunakan untuk memeras santan dan langsung dicampurkan dalam masakan. Cara ini bisa digunakan untuk membuat kolak/cendol misalnya.
  2. Gunakan santan encer yang diolah langsung dengan bahan makanan lainnya. Setelah matang, peras santan kental dengan menggunakan air matang. Cara ini bisa digunakan untuk membuat sayur lodeh, gulai dan sebagainya.


  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...