BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Waspada Bahaya Ponsel Bagi Leher Anda

                                           Hati-hati terlalu lama menunduk saat menggunakan ponsel.

PARA chiropractor alias terapis tulang belakang menyebutkan, angka pasien yang menderita sakit leher akibat terlalu banyak menggunakan ponsel dan komputer, kian meningkat.
Angka ini semakin bertambah dengan munculnya perangkat smartphone dan komputer tablet yang memiliki segudang fungsi, membuat para penggunanya semakin betah berlama-lama di depan layar.
Meletakkan laptop atau tablet di pangkuan, serta menggunakan ponsel sambil menunduk, membuat leher tertekuk dalam waktu lama.

“Bayangkan Anda berjongkok sambil bertumpu pada tumit kaki selama 10 menit. Saat Anda berdiri, kaki akan terasa kaku. Seperti itulah yang terjadi pada leher Anda,” papar chiropractor Rachael Lancaster seperti dikutip Daily Mail.

Kondisi ini dikenal dengan istilah ‘text neck’ alias rasa sakit di leher akibat terlalu lama menggunakan perangkat teknologi, salah satunya asyik berkirim SMS dalam waktu panjang.
Lancaster menambahkan, text neck dapat menyebabkan encok yang sulit disembuhkan jika tidak segera ditangani secara medis.
Agar Anda terhindar dari text neck dan rasa sakit di leher saat ber-gadget ria, ikuti tips dari Lancaster berikut:
  1. Luangkan waktu beberapa menit untuk beristirahat setelah mengetik atau menggunakan ponsel;
  2. Pandang lurus ke depan selama beberapa menit, tengadahkan dagu, dan tahan selama beberapa detik;
  3. Taruh kedua tangan di pinggang dan putar bahu Anda ke depan dan belakang. Gerakan ini dapat meningkatkan aliran darah ke pundak;
  4. Biasakan untuk duduk tegak;
  5. Posisikan ponsel lebih tinggi saat Anda ber-SMS, browsing, atau aktivitas apapun yang dilakukan dengan ponsel dalam waktu lama.

Sumber : http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/kesehatan/16601-waspada-bahaya-ponsel-bagi-leher-anda.html
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...