BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Bangka Belitung Terancam Angin Puting Beliung




ilustrasi foto google


berita2.com (Pangkalpinang, Bakanga Belitung): Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, menginggatkan warga Bangka Belitung (Babel) mewaspadai angin puting beliung pada akhir Juni hingga awal Juli 2011. Saat-saat itu masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, yang rawan puting beliung.

"Selama masa transisi atau musim pancaroba berpeluang terjadi angin puting beliung dengan kecepatan 60 sampai 80 knot atau 160 kilometer per jam dipicu perubahan tekanan udara," kata Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Muslimin di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Ahad (26/6).

Ia menjelaskan, selama musim pancaroba peluang terjadi angin puting beliung di wilayah Pulau Bangka dan Belitung cukup tinggi yang mampu menumbangkan pohon, atap rumah dan reklame ukuran besar dan lainnya yang membahayakan keselamatan warga.

"Angin Puting Beliung terjadi karena perpindahan udara bertekanan tinggi menuju ke tekanan rendah, sedangkan tanda-tanda awal terjadi angin kencang disusul hujan disertai petir dan guntur, serta pembentukan awan cumulonimbus (CB)," ujarnya.

Menurut dia, Babel merupakan daerah kepulauan yang dikelilingi lautan yang penguapan airnya cukup tinggi yang membentuk awan cumulonimbus (CB), sehingga potensi angin puting beliung di wilayah pesisir, dataran rendah dan dataran cukup tinggi.

"Kejadian angin puting beliung di Babel cukup singkat hanya berkisar tiga hingga lima menit dan kejadiannya tidak menentu, bisa pagi, siang dan malam hari," ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim pancaroba untuk mengantisipasi korban jiwa akibat hantaman angin puting beliung.

"Kami mengimbau warga apabila terjadi hujan disertai angin kencang, petir dan munculnya awan-awan CB untuk berlindung di tempat-tempat yang aman seperti dalam rumah, bangunan yang kokoh dan lainnya," ujarnya.

Selain itu, warga diimbau untuk tidak beraktivitas di luar rumah atau berkendaraan pada saat hujan lebat disertai angin kencang selama musim pancaroba karena cukup membahayakan keselamatan jiwa.

Ia menjelaskan, berdasarkan analisis BMKG, kondisi cuaca di daratan Pulau Bangka dan Belitung berawan hingga berawan banyak berpeluang hujan ringan hingga sedang tidak merata, berlaku mulai Senin (27/6) pukul 07.00 WIB.

Kondisi cuaca di daratan Pulau Bangka berawan hingga berawan banyak berpeluang hujan ringan hingga sedang tidak merata. Arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga selatan berkisar 10 sampai 25 km per jam. Suhu udara 24 sampai 31 derajat Celsius dengan kelembaban udara mencapai 65 sampai 96 persen.

Demikian juga cuaca di daratan Pulau Belitung berawan hingga berawan banyak, berpeluang hujan ringan hingga sedang tidak merata. Arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga selatan berkisar 10 sampai 30 km per jam. Sedangkan suhu udara berkisar 23 sampai 31 derajat Celsius dengan kelembaban udara mencapai 67 sampai 98 persen.



Sumber : http://www.berita2.com/daerah/146-bangka-belitung/10160-bangka-belitung-terancam-angin-puting-beliung.html
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...