BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

RI akan stop TKI nonformal ke Saudi

Pemerintah Indonesia akan memberlakukan moratorium atau penghentian sementara tenaga kerja Indonesia sektor rumah tangga ke Saudi Arabia mulai tanggal 1 Agustus mendatang.


Banyak tenaga kerja nonformal bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Arab Saudi
Banyak tenaga kerja nonformal bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Arab Saudi


Juru bicara Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dita Indah Sari mengatakan kepada BBC Indonesia penghentian sementara ini mungkin bisa dicabut bila kedua negara berhasil menandatangani nota kesepahaman mengenai tenaga kerja di bulan September.
Rencana moratorium tersebut diumumkan menyusul kemarahan publik atas eksekusi mati terhadap TKW Ruyati pekan lalu.
Ruyati dihukum pancung atas dakwaan membunuh majikan perempuannya di Saudi pada bulan Januari 2010.
Perwakilan Indonesia di Arab Saudi telah melayangkan protes keras kepada pemerintah Arab Saudi karena tidak memberitahukan eksekusi hukuman pancung atas Ruyati binti Supabi, seorang penata rumah tangga yang membunuh wanita majikannya tahun lalu.
Rapat paripurna DPR hari Selasa (21/6) mengeluarkan desakan ke pemerintah untuk memberlakukan moratorium atau penghentian sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Arab Saudi sampai tercapai perjanjian bilateral.
Beberapa kalangan mengatakan berkeberatan dengan moratorium pengiriman tenaga kerja nonformal, karena merisaukan masalah pengangguran yang akan muncul.

  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...