BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

PINDANG SERANI, MASAKAN KHAS JEPARA UNTUK HIDANGAN SIANG HARI




Selain dikenal dengan ukiran mebelnya yang khas, Kabupaten Jepara Jawa Tengah memiliki beragam masakan dari hasil olahan ikan laut. Salah satunya adalah masakan pindang serani yang memiliki kenikmatan perpaduan rasa pedas, asem, manis dan cocok sekali dihidangkan kala siang hari.


Bagi masyarakat Jepara, pindang serani adalah salah satu masakan favorit. Selain memiliki beragam rasa, masakan ini cocok sekali dihidangkan saat makan siang. Tak heran, jika masakan ini dijadikan pelengkap makan keseharian masyarakat Jepara.

Bumbu yang harus disediakan diantaranya, bawang merah, bawang putih, 3 buah cabe merah besar, 5 buah cabe rawit, 6 buah belimbing wuluh, 2 batang sere, kunyit satu ruas jari, Merica, terasi, air asam jawa, gula, garam, serta penyedap rasa secukupnya.

Selain itu, sediakan ikan kakap merah atau bisa juga, ikan laut lainnya yang telah dibersihkan, dan dipotong-potong. Pilih ikan kakap merah, karena memiliki tekstur daging yang kenyal serta warna putih. Untuk kunyit, merica dan terasi, di tumbuk hingga halus.

Setelah semua bumbu dan bahan siap, rebus air dan sere hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan potongan ikan, biarkan hingga lunak. Buang air busa, agar kuah terlihat jernih.

Masukan bumbu campuran kunyit, merica, dan terasi yang telah dihaluskan. Disusul kemudian, garam, gula serta air asam jawa secukupnya. Terakhir, masukan 5 sendok makan bawang merah goreng, 3 sendok makan bawang putih goreng, cabe merah besar, cabe rawit, belimbing wuluh yang telah dipotong kecil, serta penyedap rasa secukupnya.

Masakan pindang serani sangat cocok di hidangkan selagi masih hangat. Apalagi, saat bersama keluarga atau berkumpul rekan kerja, di tempat terbuka. Perpaduan rasa manis, asam serta pedas, menjadi khas nikmatnya pindang serani.

Jika tertarik dengan masakan pindang serani, tak ada salahnya anda mencoba resep masakan khas Jepara ini. Atau mungkin, jika anda datang ke Jepara, masakan pindang serani bisa dijumpai hampir di seluruh rumah makan. 

Sumber : http://www.berita86.com/
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...