BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

7 Cara Terbaik Membuat Wawancara Anda Terkesan Saat Melamar pekerjaan

Powerfull tips for success
7 Cara Terbaik Membuat Wawancara Anda Terkesan Saat Melamar pekerjaan. Saat anda akan melamar pekerjaan, wawancara tidak dapat di hindari. Wawancara bagi penyedia pekerjaan akan sangat berguna untuk mengidentifikasi kemampuan, pribadi, pandangan dan cara kerja seseorang dalam mengemban tugas pekerjaan. Sejatinya pula wawancara adalah ” Tools ” yang sangat efektif.
Seorang ahli dalam management SDM menyebutkan bahwa wawancara adalah bagian terpenting dalam mempertimbangkan apakah seseorang itu layak atau tidak dalam mendapat pekerjaan tersebut.
Nah, berikut ini 7 Cara Terbaik Membuat Wawancara Anda Terkesan Saat Melamar pekerjaan. Mungkin bisa bermanfaat bagi anda. Tips singkat ini saya sarikan dari sebuah ebook karya Herman YudionoPemilik Blogodolar.com.
1. Berjabat tangan dengan pewawancara
Begitu Anda memasuki ruangan interview, tunjukkan sikap percaya diri dan jangan menampakkan muka cemberut. Jabat tangan pewawancara dengan memandang matanya (tapi jangan melotot) dan tersenyumlah (tapi bukan cengengesan). Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda itu percaya diri!
2. Kontak Mata
Kontak mata sangat penting dilakukan dalam proses interview berlangsung. Tatap mata pewawancara saat mereka bertanya karena hal ini menunjukkan Anda mendengarkan pewawancara dan memahami pertanyaan-pertanyaannya. Begitu pula saat Anda menjawabnya, tetap lakukan kontak mata (tapi jangan melotot ya)
3. Jangan duduk sebelum dipersilakan
Anda harus menunggu dipersilakan duduk oleh pewawancara. Ketika dipersilakan duduk, duduklah dengan posisi tegak, jangan bersandar dengan sikap asal-asalan.
4. Jangan merokok, mengunyah permen/makanan, atau minum
Jangan merokok, mengunyah permen/makanan, atau minum selama wawancara. Bahkan ketika pewawancara merokok dan menawari Anda, jangan ikut merokok. Kalau merokok, nilai Anda di matanya akan turun.
5. Tunjukkan rasa hormat
Tunjukkan bahwa Anda menghormati dan menghargai pewawancara. Jangan panggil mereka dengan sebutan nama saja, tetapi harus menyebutkan Ibu/Bapak.
6. Dengarkan dengan seksama semua pertanyaan yang diajukan
Ini penting agar Anda tidak meminta pewawancara mengulangi pertanyaan.
7. Jangan menjelekkan tempat kerja sebelumnya
Bagi Anda yang memiliki sejumlah pengalaman kerja, jangan pernah Mengumbar kejelekan tempat kerja sebelumnya di depan pewawancara. Hal ini akan menjadi bumerang bagi Anda.
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...