BINGKAI JAWA DI SURINAME

Arsip Blog

Wisata Kuliner Tuban


Karena Tuban adalah kota pesisir, maka seperti lazimnya kota pesisiran  ada 2 ciri khas tentang makanannya, yaitu seafood dan rasa pedas yang menggigit. Jika anda adalah seorang pecinta seafood, maka sangat tidak salah jika anda berwisata kuliner di Kota Tuban. Mulai dari warung kaki lima hingga hotel berbintang, seafood pasti banyak dijumpai.
Mulai sore hari hingga malam, di sepanjang Jalan RE. Martadinata ( depan klenteng kwan sing bio ) anda bisa mencicipi aneka jenis seafood di tenda-tenda kaki lima, menu-menu yang tersedia ikan, cumi, udang, kepiting/rajungan yang diolah dengan di goreng atau dibakar, ikan -  ikan yang disediakan benar-benar segar karena masih hidup sebelum dimasak lalu disajikan dengan sambal terasi khas Tuban … dipastikan lidah anda akan bergoyang. Harga yang di tawarkan mulai Rp. 5,000 – 20,000 / porsi.
Masih di Jalan RE. Martadinata, di sebelah timur klenteng anda bisa menjumpai Sate Kambing ” Haji Sapuan “. Menu yang tersedia Sate Kambing , Sate Ati dan Gulai Kambing.  Sate Kambing disini terkenal paling enak, empuk dan gurih  karena memang kambing yang dibuat memang kambing pilihan, dengan pelengkap sambal kecap. Gulai kambingnya juga ajib, dagingnya empuk. Harganya mulai Rp. 10,000.
Jika anda kebetulan sedang lapar pas tengah malam atau sedang melintasi Kota Tuban pas malam hari, jangan kuatir … anda bisa berkunjung ke area pantai Boom ( depan aloon2 Tuban ). Di area ini, terdapat banyak warung-warung kaki lima, yang berjualan hingga jam 4 pagi. Menu yang di tawarkan beraneka macam, mulai dari gorengan, nasi pecel, nasi cumi ( di Tuban, cumi biasanya dimasak tanpa membuang tintanya, biasanya Cumi dimasak dengan bumbu lodeh , rasanya sangat nikmat ), lalu ada juga rawon, soto, aneka ikan goreng dan Mangut Pe / ikan pari khas Tuban yang rasa pedasnya sangat menggigit. Harganya juga harga damai, mulai dari Rp. 2,500 /porsi.
rajunganLalu, anda juga boleh mencoba Kare Rajungan, yang ada di Jl. Manunggal, di depan SMA Negeri 3. Rajungan disini sangat terkenal lezatnya dan juga pedasnya yang dasyat, warung ini buka mulai jam 10 pagi sampai sore hari. Menu lainnya adalah Mangut Ikan Tongkol dan Pe, Pindang Srani dan juga ada sate kambing.
Bila anda menyukai Belut dan Kodok, anda bisa mencoba masakan Belut dan Kodok, yang dimasak dengan bumbu lengkap di warung yang sudah cukup terkenal di Tuban yaitu “Warung Bagong”, yang ada di Ds. Prunggahan, sekitar 3 km ke arah selatan pasar Baru Tuban. Harga per porsi Rp. 7,000, dan lebih nendang jika dimakan bareng nasi jagung plus minum es legen ( air nira ).Jika anda ingin mencicipi masakan kodok yang bercita rasa oriental, coba saja Swike ( kodok yang dimasak dengan bumbu tauco kha), rasanya yang asam manis, dipadu dengan sambal cabe rawit dan perasan air jeruk nipis ..pas banget di makan pas siang hari. Masakan ini bisa anda temui di sebuah warung sederhana di Jl. H ahmad Dahlan.
miepangsitUntuk anda yang tidak terlalu suka pedas, ada beberapa makanan yang bisa anda pilih, yang dijamin juga tak kalah lezatnya. Anda boleh mencoba Mie pangsit, yang ada di Jl. Basuki Rakhmat (depan Gereja GKJ) atau yang ada di Jl. Slamet Riyadi, keduanya sama enaknya, harga per porsi Rp. 10,000. Mie nya dibuat sendiri , lalu pangsitnya anda bisa memilih pangsit basah atau goreng, dengan isian daging ayam yang di potong kecil-kecil. Untuk pecinta Bakso, anda boleh mencoba “Bakso PKPN”, di Jl. Basuki Rakhmat, di belakang pertokoan IKPN, harga per porsi Rp. 5,000, terkenal dengan bakso isi telur puyuhnya dan kuahnya yang bening tapi sangat lezat. Atau anda bisa juga mencicipi Bakso “Fitness”, di Jl. Agus Salim, tepat di sebelah Fitness Centre Tuban. Harga /porsinya Rp. 6,000, dan bisa memilih aneka jenis bakso-nya.
Lalu, anda juga bisa mencicipi ayam panggang yang sangat ajib … ayam panggang “Tirto Moyo”. Tisoto slekorto Moyo ini ada 2 cabang, yang pertama, ada di lokasi pemandian Bekti Harjo, yang kedua ada di Jl. Pahlawan ( depan SPBU Jl. Pahlawan ). Harga per ekornya, Rp. 55,000, sudah termasuk urap-urapan ( sayuran2 yang di  rebus dengan sambal kelapa ) dan juga nasinya. Jika anda penggemar ayam goreng atau soto ayam, perlu mencoba makan di ” Waru ng Soto Sleko “, letaknya pas di bundaran seleko, yang buka mulai jam 5 sore, keistimewaan ayam goreng adalah pemakaian ayam kampung sebagi bahan utamanya, lalu sambal terasinya … sungguh menggugah selera makan.
pecelmadiunUntuk Nasi Pecel, anda bisa mencicipi “Nasi Pecel Madiun”, di Jl. Pemuda. Bukanya mulai jam 6 pagi sampai sekitar jam 1 siang. Disini, lauk yang menemani sambal pecel nya lengkap, ada tempe goreng, orek tempe, rendang daging, serundeng dan peyek kacang. Harga Rp. 6,000/porsi.
Sekitar 3 km ke arah Semanding dari kota Tuban, yaitu di Jl. Raya Semanding, anda bisa mencoba Becek Menthog “Sor Sawo” ( menthog yang semacam itik, di masak serupa opor dengan santan yang agak bening ), dan juga Sate Menthog, rasanya sangat Ajib, kuahnya muantabbb, engga heran hanya beberapa jam saja sudah habis. Per porsi Rp. 7,500 sudah termasuk sego jagung ama es legen.. .
Ada satu lagi yang sangat menggoyang lidah, Tahu Lontong dengan Bumbu Kacang yang sedap, dijamin pasti pengen lagi, tempatnya ada di Jl. Lukman Hakim, namanya “Tahu Lontong Bu Tulus”, buat sarapan pagi plus kerupuk sangat ajib Harga Rp. 4,000/porsi,…
Tertarik???… ayo silahkan coba satu per satu kuliner Tuban, bagi anda yang numpang lewat kota Tuban ato temen-temen yang berlibur di Tuban, jangan hanya berlibur aja, sayang kalo engga menikmati kuliner Tuban yg bisa membuat lidah anda bergoyang.

Sumber: http://theangel.wordpress.com
             http://ronggolawe.com/
  • Share
  • [i]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...